10 Kuil Hindu Terbesar di Dunia

Pencerahan adalah tujuan utama setiap candi Hindu. Gaya arsitektur, gopuras menjulang, patung-patung megah, lukisan, ukiran dan hiasan kuil terkenal di dunia benar-benar pesta bagi mata. Berikut daftar 10 candi Hindu terbesar di dunia.

10 Vaitheeswaran Koil, Tamil Nadu, India, 15 hektar

Vaitheeswaran koil

Vaitheeswaran Koil adalah kuil Siwa yang terletak di Negara Bagian Tamil Nadu, India. Candi ini dinamai Vaitheeswaran, salah satu bentuk tuan Siwa. Vaitheeswaran Koil juga merupakan salah satu stalams Navagraha di India yang mewakili Angaraka (Mars). Hal ini diyakini beberapa Shivalingas dari candi ini telah disembah oleh Lord Rama, Lakshmana, Surya dan Budidaya Burung Hujan Jatayu.

Candi ini memiliki lima gopura utama dan kandang yang sangat besar. Ada gambar logam dan patung batu Lord Subramanya, Surya dan Durga di dalam lingkungan candi. Para bhakta percaya bahwa air suci dan abu suci candi ini memiliki kekuatan untuk menyembuhkan banyak penyakit.

Kuil Meenakshi Amman, Tamil Nadu, India, 17,3 hektar

Kuil Meenakshi Amman

Kuil Meenakshi Amman yang sangat besar merupakan simbol kota Madurai dan contoh arsitektur Dravida yang luar biasa. Kuil Hindu besar ini didedikasikan untuk Lord Siva dan Goddess Parvathy atau Meenakshi. Sang tuan Siva juga disebut ‘ Sundareswarar ‘ di Madurai. Kompleks candi besar ini meliputi area seluas 17 hektar.

Ada 14 ‘gopuras’ atau piramida naik ke ketinggian antara 40 dan 50 meter. Keempat gopura tertinggi candi berdiri sebagai pintu masuk dan gopuras kecil langsung ke kuil utama.

Menara gerbang candi menghadap empat arah. Pengunjung biasanya lebih memilih pintu masuk timur kuil karena terbuka ke kuil utama. Gopura Multi-Storeyed di kuil Meenakshi juga diukir dengan patung binatang, dewa dan setan.

Kuil Madurai Meenakshi awalnya dibangun oleh raja Pandyan Malavarman Kulasekara Pandyan di abad ke-13. Pada abad ke-14, kuil Meenakshi dipecat oleh penyerang Muslim Malik Kafur. Kemudian, candi tersebut dibangun kembali oleh penguasa Nayak Viswanatha Nayakar pada abad ke-16. Dia mendesain ulang bait suci sesuai dengan prinsip ‘ shilpa shatras ‘, teks seni dan desain Hindu kuno.

Kuil utama kuil Meenakshi yang diperuntukkan bagi Sundareswarar (Dewa Siwa) dan Meenakshi (Dewi Parvati). Tempat suci Meenakshi dan Dewa Siwa ditutupi dengan piring emas. Tempat suci utama di kuil ini juga dikelilingi oleh sejumlah tempat suci lainnya.

‘Mandapam’ candi Meenakshi berisi 985 pilar unik yang terbuat dari granit. Beberapa pilar menghasilkan musik di keran. Ada juga galeri seni di bait suci yang menampilkan gambar, foto dan ikon yang menggambarkan arsitektur candi kuno India.

Candi Jambukeswarar, Tamil Nadu, India, 18 hektar

Thiruvanaikaval candi Siwa

Candi Jambukeswarar atau Thiruvanaikaval Siwa di Tiruchirapalli Tamilnadu adalah salah satu ‘panchabhoota sthalams’, berarti satu dari lima candi Siwa yang mewakili lima elemen besar (daratan, air, udara, langit dan api). Keempat kuil Siwa ‘panchabhootha sthalams’ yang terletak di Tamil Nadu dan satu di Andhra Pradesh.

Pura Thiruvanaikaval merupakan ‘air’. Tempat suci utama kuil ini juga memiliki aliran air bawah tanah. Dewa utama candi ini adalah Jambukeswarara, salah satu bentuk dewa Siwa.

Menurut mitologi percaya bahwa ketika Akilandeswari (Inkarnasi Dewi Parvati) datang ke tempat ini dari ‘Kailasam’ (gunung kailash) untuk melakukan penebusan dosa. Dia membuat lingam dengan air sungai Kavery. Itulah sebabnya puri Thiruvanaikaval mewakili air atau lebih sedikit, salah satu unsur utama alam. Siwa lingam dari kuil Thiruvanaikaval yang dikenal dengan nama ‘Appu lingam’ berarti lingam yang terbuat dari air.

Pura Thiruvanaikaval dibangun oleh kaisar Kocengannan Chola pada abad ke-1. Candi ini juga berisi prasasti dan patung dari zaman Chola. Ada lima lampiran di kompleks candi Jambukeswarar. Dinding luar yang luar biasa dari kompleks candi yang dikenal dengan vibudhi prakara memiliki panjang 1 mil dan tinggi 25 kaki.

Bagian keempat candi berisi 196 pilar. Ada juga tangki kecil yang diberi makan oleh mata air alami. Daerah pusat memiliki dua gopura setinggi 100 kaki dan tinggi 73 kaki. Tempat suci utama, appu lingga dapat ditemukan di daerah dalam candi.

Ekambareswarar Temple, Tamil Nadu, India, 23 hektar

Pura ekambareswar

Kuil Ekambareswarar adalah kuil terbesar di kota suci Kanchipuram di Tami Nadu, yang didedikasikan untuk tuan Siwa. Candi ini merupakan salah satu ‘panchabhoothasthalam’ yang mewakili Bumi atau Prithvi, salah satu unsur alam yang penting. Candi Siwa yang sangat besar ini mencakup area seluas 23 hektar. Berdiri di ketinggian 59 meter, menara gerbang dari kuil Ekambareswarar yang dikenal sebagai Raja gopuram. Ini adalah salah satu gopuras tertinggi di India.

Candi ini dibangun oleh Paranthaka Chola pada tahun 650 M. Pada bulan Maret dan April, sinar matahari akan langsung jatuh ke sungai Siwa Siwa utama di Ekambareswarar. Ada lima halaman yang berbeda di kompleks candi.

Dinding bagian dalam candi dihiasi dengan 1008 ling Bahasa Siwa. Daya tarik candi lainnya adalah aula dengan ribuan pilar yang dikenal dengan nama ‘Aayiram kaal mandapam’. Hal ini juga dikatakan sebagai sungai suci bawah tanah tersembunyi yang mengalir di bawah kuil.

Annamalaiyar Temple, Tamil Nadu, India, 25 Acres

Candi Annamaliar

Baca Juga  Gara-Gara Melempar Koper Politikus Korsel Ini Jadi Viral Di Sosial Media

Candi Annamalaiyar di Thiruvannamalai Tamil Nadu adalah salah satu kuil Siwa terbesar di India. Candi ini mewakili ‘Agni’, salah satu candi utama pancha bhoota stalas. Siwa utama lingga candi ini disebut ‘agni lingga’. Candi Annamalaiyar juga disebut Arunachaleswarar, salah satu bentuk Dewa Siwa. Parvathy Dewi juga disembah di kuil ini sebagai ‘Unnamulai Amman’.

Kompleks dan menara batu saat ini dibangun oleh penguasa Cola yang berasal dari abad ke 9. Ada prasasti pada struktur kuil Annamalaiyar. Kompleks candi ini mencakup 10 hektar lahan.

Candi ini memiliki banyak ruang dan empat menara gerbang besar. Menara gerbang tertinggi di kompleks ini memiliki tinggi 217 kaki. Ada juga aula besar dengan 1000 pilar yang dibangun oleh Raja Krishna Devaraya dari Vijayanagar. Menara dan pilar candi juga dihiasi dengan patung-patung yang sangat bagus.

Belur Math, Kolkata, India, 40 Acres

Belur Math, Calcutta

Matematika Belur adalah sebuah kuil megah dan markas besar internasional misi Ramakrishna yang didirikan oleh Swami Vivekananda pada tahun 1897. Fitur paling menarik dari matematika Belur adalah terlihat seperti kuil, gereja atau masjid dari segala penjuru. Candi ini mencerminkan perpaduan gaya arsitektur Hindu, Islam, Budha, Rajput dan Kristen. Matematika belur juga dianggap sebagai simbol kesatuan semua agama di dunia.

Cahaya spiritual yang akan dimancarkan tempat ini akan membanjiri seluruh alam semesta ” kata Swami Vivekananda pada kesempatan meletakkan batu fondasi dari Matematika Belur pada tahun 1898. Seluruh kompleks matematika Belur mencakup area seluas 40 hektar.

Kompleks Belur Math berisi kuil yang didedikasikan untuk Sri Ramakrishna, Swami Vivekananda dan ibu Suci, Sri Sarada Devi. Gerbang utama candi menampilkan simbol-simbol agama yang berbeda. Museum matematika Belur juga berisi artefak yang berbeda yang digunakan oleh Sri Ramakrisha dan Swami Vivekananda.

Kuil Thillai Nadaraja, Tamil Nadu, India, 40 Acres

Kuil Thillai Nadaraja

Kuil Nadaraja di kota Chidambaram, Tamil Nadu, didedikasikan untuk Dewa Siwa di dalam pose Anada Tandava (Nadaraja). Candi Chidambaram adalah salah satu panchabhootha sthalams. Candi ini mewakili ‘Akasha’, langit. Candi Hindu bersejarah ini tersebar di area seluas 50 hektar. Siwa lingga di tempat suci paling dekat kuil Nadaraja dikenal sebagai ‘Aakasha lingga’. Tempat suci juga berisi gambar Dewa Siwa dan Dewi Parvati.

Candi ini direnovasi oleh penguasa berbagai dinasti termasuk Pallava, Chola, Pandya, Vijayanagara dan Chera dalam periode waktu yang berbeda. Menurut kepercayaan hipotetis, kuil Nadaraja terletak di teratai alam semesta yang dikenal sebagai ‘virat hridhaya asma sthanam’.

Tempat suci utama kuil ini adalah struktur kayu yang dikenal sebagai Chitsabha dimana Shivalinga utama berada. Aula emas yang terletak di dekat chitsabha juga berisi gambar Dewa Siwa dalam ‘postur Urdhva Tandava’.

Prakaram terluar atau tempat suci kuil tersebut bertempat di kuil Sivakami (Dewi Parvati) Amman, tangki Sivaganga dan sebuah aula dengan seribu pilar yang dikenal sebagai Raja Sabha. Ada empat gopura utama yang berdiri di ketinggian 250 kaki dan menghadap empat arah yang berbeda. Menara megah ini juga dihiasi 108 pose Bharata Natya yang berbeda dan dengan gambar mitologi Hindu.

Akshardham, Delhi, India, 100 hektar

Candi Akshardham

Kompleks candi Hindu Akshardham yangbesar terletak di tepi sungai Yamuna di Delhi. Kompleks candi tersebar di area seluas 100 hektar. Hal ini dianggap sebagai ikon budaya Hindu, seni dan spiritualitas. Bagian tengah kompleks religius ini menampung murtis Sita Ram, Siv Parvati, Radha Krishna dan Lakshmi Narayanan.

Kompleks candi Akshardham dibangun oleh Pramukh Swami Maharaj, pemimpin spiritual organisasi BAPS. Kompleks candi Akshardham seluruhnya terbuat dari batu pasir dan marmer.

Sebuah empulur megah gajendra dari kuil ini melambangkan kerajaan hewan. Ini fitur 148 gajah berukuran penuh, 42 burung dan 125 patung manusia yang diukir dengan batu merah muda. Lengan gajendra sepanjang 1070 kaki ini juga mewakili hubungan mendalam leluhur India dan alam.

Monumen utama candi Akshardham terdiri dari 234 pilar berukir dan sembilan kubah. Ini juga mencakup ukiran informasi rinci tentang dewa-dewa Hindu, tumbuhan, hewan dan seni.

 Kuil Sri Ranganathaswami, Srirangam, Tamil Nadu, India, 156 hektar

Kuil Sri Ranganathaswamy

Candi Sri Ranganathaswamy adalah candi Hindu terbesar di India . Kompleks candi yang luas dibangun di 156 hektar tanah di Srirangam dari Tamil Nadu, India. Candi ini didedikasikan untuk bentuk Dewa Wisnu yang dirusak yang dikenal sebagai Ranganatha. Candi ini juga dikenal sebagai Bhoologa Vaikundam dan Bhogamandalam. Kuil Vishnu yang megah ini juga merupakan salah satu bangunan keagamaan Dravida terbaik di India.Prasasti dari kuil Sri Ranganathaswamy menggambarkan peran dinasti yang berbeda termasuk Chola, Pandya, Hoysala dan Vijayanagar dalam restorasi dan renovasi bait suci. Ada 21 menara dan 39 paviliun di Kuil Sri Ranganathaswamy. Pada ketinggian 236 kaki, gopura utama candi dikenal dengan nama Rajagopuram. Ini adalah menara kuil tertinggi kedua di benua Asia.Candi ini terdiri dari tujuh selungkup yang dibentuk oleh dinding tebal. Dinding benteng mengelilingi tempat suci berlapis emas dari bait suci. Lima prakaras bagian dalam berfungsi sebagai candi dan Non-Hindu tidak diizinkan memasuki tempat suci utama bait suci.Sebuah tempat suci di atas tempat suci utama kuil Sri Ranganathaswamy dikenal sebagai ‘Ranga Vimana’ yang dibuat dalam bentuk ‘om’, suara mitos agama Hindu. Ada pula aula dengan seribu pilar dan dihiasi dengan pahatan.

Angkor Wat, Kamboja, 500 Acres

Kuil Hindu terbesar

Peregangan di atas lahan seluas 500 hektar, kompleks kuil Angkor Wat di Kamboja adalah struktur keagamaan terbesar di dunia. Ini adalah situs warisan dunia UNESCO dan ikon Kamboja. Angkor Wat terdiri dari ratusan kuil batu dan sisa-sisa kekaisaran Khmer. Kompleks candi terbesar ini dibangun pada abad ke 12 oleh raja Khmer Suryavarman II. Angkor Wat awalnya didedikasikan untuk Dewa Wisnu dan kemudian, itu menjadi kompleks Buddhis.

Tidak seperti candi Hindu lainnya, Angkor Wat menghadap Barat. Arkeolog percaya bahwa Angkor Wat bukan hanya kuil tapi juga makam. Pekerja terampil Saurvarman hanya menggunakan batupasir sebagai bahan utama untuk pembangunan kompleks keagamaan terbesar. Angkor Wat sebenarnya adalah penggambaran gunung suci Meru. Menara tengah candi berdiri pada ketinggian 65 meter ini dikelilingi oleh empat menara yang lebih kecil.

Pintu masuk utama Angkor Wat di sisi barat memiliki hiasan yang kaya dengan pahatan dan ukiran. Ada juga patung setinggi 3,2 meter dari Dewa Vishnu yang terbuat dari batu pasir. Kompleks pusat Angkor Wat adalah bangunan bertingkat tiga.

Ada tiga galeri utama di kompleks pusat candi. Setiap galeri juga memiliki menara berbentuk teratai. Galeri ribuan rumah Buddha memiliki ratusan gambar Buddha.Dinding dalam Angkor Wat juga dihiasi dengan pemandangan penting dari epos Hindu Ramayana dan Mahabharata.

Sumber : https://themysteriousworld.com/

Photo by VinayakH

Tinggalkan Balasan