10 Penemuan Arkeologi Paling Misterius Sepanjang Masa

Penemuan arkeologi selalu mengingatkan Anda tentang pikiran kreatif nenek moyang kita. Penemuan semacam itu juga merupakan kesempatan besar untuk melihat berabad-abad objek lama. Berikut daftar 10 penemuan arkeologis paling misterius sepanjang masa.

10 Naskah Voynich

Naskah voynich

KREDIT GAMBAR: WIKIMEDIA COMMONS {{ PD-US }}

Naskah Voynich berhak sebagai ‘manuskrip paling misterius di dunia’ yang pernah ada. Ditemukan pada tahun 1912 dari Italia Utara. Bahasa, juru tulis dan penulis naskah voynich masih belum diketahui.Menurut arkeolog banyak halaman manuskrip ini merindukan dan 240 halaman tetap ada sekarang.

Gambar tanaman herbal yang berbeda adalah hal yang paling menarik yang ditemukan pada manuskrip voynich . Sampai sekarang tidak ada yang bisa mencocokkan gambar ini dengan spesies tanaman yang diketahui. Hal ini diyakini naskah voynich yang ditulis pada abad ke 15. Selain bagian herbal, manuskrip misterius ini juga mengandung bagian astronomi, biologis, kosmologis dan farmasi.

9# Gunung Owen Moa

Gunung owen moa

KREDIT GAMBAR: RYAN BAUMANN DI FLICKR

Pada tahun 1986 sekelompok arkeolog menemukan cakar seekor burung saat menggali di sebuah gua di Selandia Baru. Daging dan otot masih melekat padanya. Kemudian, arkeolog tersebut mengkonfirmasi bahwa itu adalah kaki moa burung tanpa punah yang punah yang hilang dari Bumi 2000 tahun sebelumnya.

Mao tanpa sayap adalah burung yang berat yang tingginya mencapai 12 kaki dan beratnya mencapai 250 kg. Maos diburu sampai punah oleh manusia purba. Cakar moa yang tidak enak disimpan di museum sejarah alam Selandia Baru.

8# Sacsayhuaman

Sacsayhuaman

Sacsayuman adalah kompleks berdinding kuno yang terletak di Machu Picchu, Peru. Kontruksi struktur kompleks ini dimulai pada tahun 1440 oleh kaisar Pachacuti. Butuh waktu lebih dari 100 tahun untuk menyelesaikan struktur ini.Dindingnya terdiri dari berbagai jenis batuan termasuk blok diorite, batu kapur yucay dan andesit gelap.

Dinding saksayhuaman sepanjang 600 meter memiliki struktur zingzang. Setiap blok dinding ini beratnya ratusan ton. Dinding Sacsayhuaman dilindungi menara arkeologi yang terkenal bernama muyu marca, sala marca dan paunca marca, juga candi yang berhubungan dengan matahari.

7# Garis Nazca

Garis nazca

Baca Juga  Yuk, belajar pijat refleksi di rumah! Selain mudah, manfaatnya benar-benar menakjubkan, lho!

Garis Nazca adalah formasi garis putih yang tidak biasa yang dapat dilihat saat Anda melakukan perjalanan terbang melewati padang pasir Peru selatan. Ini adalah salah satu situs warisan dunia UNESCO yang populer di negara ini. Formasi misterius kuno ini memiliki bentuk trapezoida, persegi panjang, segitiga dan pusaran. Dengan melakukan pengamatan jarak dekat, Anda juga bisa melihat 70 hewan, struktur tanaman dan 300 bentuk geometris. Tujuan dari garis ini masih belum diketahui.

Arkeolog memperkirakan bahwa garis Nazca diciptakan oleh orang Indian Nazca antara tahun 500 SM dan 700 M. Jadi, gambar kuno ini tetap utuh selama 2000 tahun. Sebuah komunitas besar orang percaya bahwa garis-garis ini dibentuk oleh alien untuk mengikuti jalan yang benar.

6# Gobekli Tepe

Gobekli tepe

Gobekli tepe adalah situs arkeologi tertua di dunia yang terletak di Turki.Pembangunan ini memungkinkan Anda mengingatkan kekuatan artistik tingkat tinggi dari orang-orang zaman batu sekitar 11000 tahun yang lalu. Pilar batu kapur yang digunakan seberat 15 sampai 22 ton untuk membuat konstruksi ini, yang ditebang dari bebatuan besar.

Para arkeolog telah menemukan 200 pilar besar selama ekspedisi tersebut. Pembangunan ini diyakini sebagai tempat berkumpulnya atau kuil orang-orang kuno. Penemuan ini membantu para arkeolog untuk membuat studi mendalam tentang revolusi Neolitik.

5# Terracotta Army

Penemuan arkeologi paling misterius

Pada tahun 1974, sekelompok arkeolog di Xian, China membuat penggalian yang menjadi penemuan seni pemakaman terbesar yang pernah ada, tentara Terracotta . Mereka menemukan ribuan tentara tanah liat dikuburkan di dekat makam kaisar Qin Shi Huang. Dia adalah kaisar pertama Cina. Para prajurit tanah liat dimakamkan bersamanya untuk perlindungan dari berbagai kekuatan setelah kematian. Kompleks kuno ini memiliki umur sekitar 2200 tahun.

Arkeolog juga menemukan berbagai senjata beserta pahatannya. Mereka diatur dengan sempurna di dalam koridor tanah liat yang berbeda. Ada empat lubang utama yang bisa dilihat di dalam situs arkeologi ini. Atas mereka, tiga lubang dipenuhi tentara terakota dan senjata dan yang keempat tetap kosong. Banyak bagian kompleks dan makam Qin Shi Huang masih belum tereksploitasi.

4# Patung Moai, Pulau Paskah

Keajaiban arkeologis paling misterius
Patung Moai di Pulau Paskah adalah salah satu penemuan arkeologi misterius dan paling misterius yang pernah dibuat. Patung-patung ini menjadi daya tarik tersendiri di Pulau Paskah, sebuah pulau terpencil Pulau Chili. Patung Moai diukir oleh orang-orang kuno Rapa Nui antara tahun 1300 sampai 1500 Masehi

Baca Juga  Keringat dingin dan cemas saat lihat foto-foto ini? Berarti kamu menderita thalassophobia. Yuk, cari tahu!

Ada 288 patung maoi yang total terletak di berbagai platform batu besar di Pulau ini. Patung Moai memiliki tinggi 13 kaki dan seberat 80 ton. Orang-orang rapa nui menggunakan batu dari gunung api yang mati di Pulau untuk mengukir patung-patung ini. Bagian dasar patung ‘D’ yang berbentuk moai memungkinkan untuk menggerakkan mereka berdampingan dengan dukungan tali kuat.

3# Batu Henge

Stonehenge

Stonehenge adalah prasejarah, monumen berusia 5000 tahun yang terletak di kota Salisbury di Inggris. Monumen ini terdiri dari banyak batu kecil dan besar. Batu yang lebih besar memiliki tinggi 30 kaki yang disebut sarsens dan beratnya mencapai 25 ton. Tujuan sebenarnya dari stonehenge ini masih belum diketahui.

Stonehenge dibangun antara 3000 SM dan 2000 SM. Untuk penyempitannya, pembangun Neolitik membawa batu-batu besar dari bukit Preseli, lokasi sejauh 150 mil dari monumen misterius ini. Hal ini diyakini 240 orang tewas terkubur di daerah ini.

2# Piramida Besar

Piramida besar

Piramid adalah struktur kuno terbesar yang pernah ada di Bumi. Meskipun banyak peradaban dibangun piramida, piramida Mesir berdiri sebagai yang unik. Piramida besar giza selalu ada dalam daftar keajaiban dunia kuno. Diperkirakan orang Mesir mulai membangun piramida pada 2700 SM, terutama sebagai makam untuk melestarikan badan kerajaan yang disebut mumi.

Piramida besar Giza adalah piramida tertua dan tertinggi di Mesir yang memiliki tinggi 481 kaki. Butuh waktu hampir 20 tahun untuk menyelesaikan pembangunan piramida, menggunakan jutaan batu kapur. Bagian dalam piramida dipenuhi dengan harta berharga dengan tubuh yang diawetkan. Dinding piramida juga menampilkan lukisan dan ukiran yang indah.

1# Kota Atlantis

Kota Atlantis yang hilang mungkin merupakan penemuan arkeologis paling misterius yang pernah ada. Plato di 360 SM adalah orang yang mengajukan asumsi pertama di Atlantis City, yang tenggelam di laut. Penelitian percaya bahwa sebuah tsunami yang kuat yang melanda kota ini pada 10 milenium SM yang menenggelamkan kota Atlantis ke laut. Tapi sebenarnya sebenarnya di balik kota Atlantis masih belum diketahui arkeolog.

Kisah-kisah kuno tersebut mengklaim bahwa Atlantis dibangun oleh Poseidon, dewa laut, yang lebih besar dari Asia saat ini. Kota kaya ini dipisahkan oleh cincin air dan tanah. Kota Atlantis tergolong ke lautan Atlantik. Para peneliti gagal melihat lokasi sebenarnya dari kota ini sampai hari ini. Ukuran dan kedalaman laut itu sendiri adalah salah satu yang melindungi ilmuwan dari penemuan Atlantis yang mudah.

Photo by Tommaso Renzi

Tinggalkan Balasan